Minggu, 12 Januari 2014

Laporan Praktikum Fisiologi Tumbuhan "Karbohidrat dalam Tanaman"

BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
Fotosintesis merupakan suatu proses biologi yang kompleks, proses ini menggunakan energi dan cahaya matahari yang dapat dimanfaatkan oleh klorofil yang terdapat dalam kloroplas. Seperti halnya mitokondria, kloroplas mempunyai membran luar dan membran dalam.
Hasil fotosintesis berupa amilum dan oksigen. amilum inilah yang menjadi nutrisi bagi tumbuhan. Amilum digunakan sebagai sumber energi dan bahan untuk membuat senyawa lain yang dibutuhkan tumbuhan. Sebagian dari amilum ini disimpan sebagai cadangan makanan.
Pada praktikum ini akan melihat simpanan amilum yang terdapat pada bagian daun tumbuhan. Oleh karena itu, dilakukan percobaan uji simpanan amilum dalam daun dengan metode Sachs.

B.  Tujuan
Adapun tujuan dari praktikum ini yaitu mengamati simpanan amilum dalam daun.

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
Karbohidrat merupakan suatu golongan senyawa yang terdiri dari atau dapat dihidrolisis menjadi polisakarida aldehid dan keton. Karbohidrat dalam tanaman adalah tepung atau amilum atau pati. Amilum adalah homopolimer (suatu polimer yang terbentuk oleh hanya satu macam unit monomerik) dari glukosa yang digabung oleh mata rantai yang sama dengan maltosa. Macam amilum utama adalah amilosa dan amilopektin (bila dilarutkan dengan iodin memberikan warna merah ungu). Sedangkan amilosa memberikan warna biru (Fressenden, 1997).
Proses fotosintesis akan menghasilkan karbohidrat, terutama glukosa. Diantara berbagai karbohidrat yang penting yang dapat dibentuk oleh tumbuhan dari glukosa adalah selulosa, sukrosa dan pati/amilum. Amilum didalam tumbuhan banyak tersimpan dalam akar, umbi ataupun biji-bijian. Butir-butir amilum itu sebenarnya semula terdapat di dalam kloroplas daun sebagai hasil fotosintesis. Pada kebanyakan tumbuhan dikotil juga monokotil, pati mulai terkumpul pada daun segera setelah terjadi proses fotosintesis yang berjalan cepat, sehingga pada tanaman dikotil mempunyai daun pati sedangkan daun monokotil mempunyai daun gula (Loveless, 1994).
Hopkins (1995) menyatakan bahwa pembentukan karbohidrat terjadi pada tempat dimana cahaya menyinari bagian yang hijau karena bagian tersebut mangandung klorofil. Kehadiran karbohidrat dapat diketahui dari Iodin-Amilum. Bagian daun yang tertutup ketas alumunium foil dan dikenai sinar matahari, maka setelah dimasukkan dalam alkohol panas dan aquades panas, kemudian ditetesi larutan iodin, maka bagian tersebut tidak akan terbentuk warna ungu, tetapi bagian yang tidak ditutupi nampak berwarna ungu.
Pembentukan pati terjadi melalui suatu proses yang melibatkan sumbangan berulang unit glukosa dari gula nukleotida serupa dengan UDPG yang disebut adenosin difosfoglukosa (ADPG). Pembentukan ADPG berlangsung dengan menggunakan ATP dan glukosa 1-p. Tentunya warna pada daun yang diuji seharusnya berwarna coklat iodin, sedangkan pada daun yang digunakan sebagai kontrol akan berwarna lebih gelap. Hal ini karena daun yang di beri perlakuan tidak menghasilkan amilum sehingga tidak menimbulkan warna ungu (Dwijosepoetro, 1994).
Amilum disusun di dalam kloroplas dan juga di dalam leukoplas sebagai tempat untuk menyimpan. Penyusunan amilum memerlukan bahan berupa glukosa-1-pospat serta bantuan enzim berupa posporilase amilum. Molekul glukosa-1-pospat dapat digandeng-gandengkan dengan pertolongan posporilase ini. Pada penggandengan itu terlepaslah molekul pospat (Dwidjoseputro, 1994).
Dwijoseputro (1994) menyatakan bahwa setelah semua klorofil larut, semua bagian daun ditetesi I-KI maka, warna daun yang semula transparan akan berubah menjadi ungu gelap. Hal ini menandakan adanya amilum pada daun tersebut, karena reaksi iodium dalam amilum menimbulkan warna biru kehitam-hitaman. Sedangkan pada daun yang ditutup alumunium foil akan berwarna coklat. Namun dalam percobaan tidak dihasilkan warna ungu. Hal ini dikarenakan larutan IKI yang dipakai sudah tidak berfungsi.
Menurut Salisbury dan Ross (1992), pembentukan pati atau amilum terjadi terutama melalui satu proses yang melibatkan sumbangan berulang unit glukosa dari gula nukleotida serupa dengan UDPG yang disebut adenosin difosfoglukosa (ADPG). Pembentukan ADPG berlangsung dengan menggunakan ATP dan glukosa 1-fosfat di kloroplas dan plastid lainnya.
Karbohidrat yang terbentuk pada tumbuhan dalam bentuk pati atau amilum. Pembentukan amilum pada umumnya berlangsung melalui proses yang sama secara berulang-ulang dengan menggunakan glukosa dari gula nukleosida yang mirip UDPG yang disebut sebagai Adenosin Difosfat (ADPG) (Lakitan, 2000).
Pembentukan pati terjadi melaui suatu proses yang melibatkan sumbangan berulang unit glukosa dari gula nukleotida serupa dengan UDPG yang disebut adenosin difosfoglukosa, ADPG. Pembentukan ADPG berlangsung dengan menggunakan ATP dan glukosa-1-fosfat di kloroplas dan plastid. Molekul amilosa yang sedang tumbuh dengan unit glukosa yang mempunyai gugus reaksi C-4 pada ujungnya, bergabung dengan C-1 glukosa yang ditambahkan dari ADPG. Pati sintetase, yang mengkatalisis reaksi tersebut diaktifkan oleh K+. Cabang pada amilopektin antara C-6 pada rantai utama dan C-1 pada rantai cabang dibentuk oleh berbagai isoenzim dari beberapa enzim yang secara ringkas disebut enzim percabangan atau enzim Q. Tingkat cahaya yang tinggi dan siang hari yang panjang, menguntungkan fotosintesis dan translokasi karbohidrat. Sehingga menyebabkan penimbunan satu atau lebih butir pati di kloroplas dan penyimpanan pati di amiloplas. Pembentukan pati di kloroplas diuntungkan oleh cahaya terang, sebab enzim yang membentuk ADPG secara alosetrik diaktifkan oleh 3-PGA dan dihambat secara alosetrik Pi (Preiss). Kandungan 3-PGA agak meningkat saat terang sewaktu penambahan CO2 terjadi, tapi kandungan Pi agak turun karena ditambah ADP untuk membentuk ATP selama fosforilasi fotosintesis (Salisbury & Ross,1992).
Tanaman jika pada bulan-bulan yang dingin, konsentrasi gula tinggi sedangkan kadar amilum menyusut, bulan-bulan panas keadaan itu berkebalikan. Persediaan air yang berlabihan menambah kegiatan penyusunan amilum. Perubahan pH membawa perubahan kegiatan enzim. pH 7 merupakan pH optimal untuk pembentukan gula, sedang gula akan terbentuk menjadi amilum jika pH sampai dibawan 7 (Kimball, 1989).

BAB III
METODOLOGI
A. Waktu dan Tempat
Adapun waktu dan tempat pelaksanaan praktikum adalah sebagai berikut :
Hari / tanggal       : Kamis, 14 November 2013
Pukul                    : 15.00 WITA - selesai
Tempat                 : Laboratorium Biodiversity Jurusan Biologi FMIPA 
       UNTAD
B. Alat dan Bahan
Adapun alat dan bahan yang digunakan dalam praktikum adalah sebagai berikut :
a.    Alat
1.  Petridish
2.  Gelas Kimia 1000 ml
3.  Hot Plate
4.  Pinset
b.    Bahan
1.  Daun Catharantus roseus (Tapak dara)
2.  Air
3.  Alkohol 98 % low quality
4.  Aluminium foil
5.  Larutan JKJ

C.  Prosedur Kerja
Adapun prosedur kerja yang dilakukan dalam praktikum ini adalah sebagai berikut :
1.      Membungkus daun pada tanaman dibagian tengah daun dengan menggunakan alumunium foil selama 22 jam.
2.      Memanaskan air dan alkohol 98 % pada masing-masing gelas kimia 1000 ml menggunakan hot plate sampai mendidih.
3.      Memasukkan daun yang sudah dibungkus dengan alumunium foil ke dalam alkohol 98 % mendidih selama 15 menit.
4.      Membilas daun tanaman dengan menggunakan air yang telah dipanaskan selama 5 menit.
5.      Merendam daun tersebut menggunakan larutan JKJ selama 10 menit dan membilas daun tersebut menggunakan air mengalir.
6.      Mengamati perubahan warna yang terjadi pada daun.

BAB IV
HASIL PENGAMATAN DAN PEMBAHASAN
A.  Hasil Pengamatan
Adapun hasil pengamatan yang diperoleh dalam praktikum ini yaitu :
No.
Gambar
Perlakuan
Perubahan Warna
1.
Description: IMG1018A.jpg
Kondisi daun normal, yang ditutupi alumunium foil.

Masih pada keadaan warna awal.

2.
Description: F:\DCIM\Camera\20131114_155723.jpg
Kondisi daun yang telah dicelupkan ke dalam larutan Alkohol panas 95%.
Warna daun menjadi hijau pucat.
3.
Description: F:\DCIM\Camera\20131114_160619.jpg
Kondisi daun setelah direndam di air panas.
Warna daun hijau pucat.
4.
Description: F:\DCIM\Camera\20131114_161127.jpg
Kondisi daun setelah dicelupkan larutan JKJ.

Warna daun menjadi kecoklatan.

5.
Description: F:\DCIM\Camera\20131114_161546.jpg
Daun ditiriskan beberapa saat
Warna daun yang telah di tutupi oleh aluminium foil yang berwarna kecoklatan
B.  Pembahasan
Proses fotosintesis merupakan suatu proses mereaksikan karbondioksida dan air (menjadi karbohidrat dengan menggunakan energi cahaya). Proses fotosintesis umunya berlangsung pada tumbuhan berklorofil di siang hari ketika ada cahaya matahari. Fotosintesis juga dapat berlangsung pada malam hari jika ada sumber cahaya misalnya cahaya lampu. Bagian daun yang terkena cahaya akan mengalami reaksi fotosintesis dan membentuk amilum sedangkan bagian daun yang tidak terkena cahaya matahari tidak akan melakukan reaksi fotosintesis  sehingga amilum tidak akan terbentuk.
Pada praktikum ini mengenai karbohidrat dalam tanaman yaitu untuk mengetahui simpanan amilum dalam daun tapak dara (Catharantus roseus) yang belum diambil dari tanamannya. Daun tapak dara (Catharantus roseus) di-bungkus di bagian tengah daun dengan menggunakan alumunium foil selama 22 jam yang bertujuan untuk menghalangi terjadi fotosintesis yang disebabkan klorofil yang tidak mendapatkan cahaya matahari akibat alumunium foil dan menghalangi pertukaran oksigen dan karbondioksida. Setelah 22 jam daun tersebut dipetik dari tanaman dan alumunium foil pada daun di buka, kemudian daun di masukkan ke dalam alkohol 98% yang sudah mendididh. Hal ini dilakukan untuk mematikan sel-sel tanaman dan melunakkan jaringan daun, selain itu alkohol  berfungsi sebagai pelarut yang akan melarutkan dan meluruhkan klorofil pada daun dan alkohol juga dapat mengakibatkan pigmen warna daun menjadi luntur. Warna daun yang berwarna hijau tua menjadi hijau muda sehingga dengan mudah melihat perbandingan amilum pada daun. Daun yang telah direbus dengan alkohol kemudian dicuci dengan air panas agar menghilangkan alkohol pada daun. Setelah daun direbus dalam air, kemudian dicuci dengan menggunakan air, daun dimasukkan kedalam petridish kemudian direndam dengan menggunakan larutan JKJ. Larutan JKJ berfungsi untuk melihat pembentukan amilum dalam daun. Iodium akan berikatan dengan amilum sehingga membentuk warna ungu. Pembentukan warna ungu pada bagian yang tidak ditutupi alumunium foil menunjukkan terjadinya fotosintesis sehingga membentuk amilum sedangkan bagian tengah daun yang ditutup alumunium foil berwarna kekuningan yang menunjukkan tidak adanya amilum yang terbentuk karena fotosintesis tidak terjadi pada bagian tersebut.
Karbohidrat utama yang tersimpan pada tumbuhan dalam bentuk pati dan selulosa. Pati atau amilum banyak tersimpan pada kloroplas daun yang juga merupakan tempat terjadinya proses fotosintesis. Kloroplas mempunyai sistem membran dalam. Membran ini terorganisasi menjadi kantong pipih berbentuk cakram yang disebut tilakoid. Tiap-tiap tilakoid merupakan ruang tertutup dan berfungsi sebagai tempat pembentukan ATP. Di sekeliling tilakoid terdapat cairan yang disebut stroma yang berperan dalam reaksi fotosintesis.
Karbohidrat tersimpan dalam bentuk amiloplas yang terbentuk sebagai hasil translokasi sukrosa atau karbohidrat lain dari daun. Pengangkutan amilum dari sel ke sel adalah dalam bentuk gula karena gula larut dalam air.  Amilum terdiri atas 2 bagian, yaitu amilosa dan amilopektin.  Amilosa lebih mudah larut dalam air. Untuk mengetahui adanya karbohidrat dalam tanaman dapat dilakukan suatu pengujian. Amilosa bereaksi dengan Iod (I) menghasilkan perubahan warna komplek merah ungu. Warna ini ditimbulkan oleh ikatan lemah diantara molekul pati atau amilum dan Iod.

BAB V
PENUTUP
A.  Kesimpulan
Adapun kesimpulan yang di peroleh dari praktikum ini adalah sebagai berikut :
1.      Proses fotosintesis memerlukan energi cahaya matahari untuk mereaksikan karbondioksida dan air menjadi karbohidrat.
2.      Amilum yang terbentuk tersimpan dalam kloroplas dan ketika bereaksi dengan iodium membentuk warna ungu kehitaman.
  1. Larutan JKJ berfungsi untuk mengikat Iodium sehingga simpanan amilum  dalam daun terlihat dengan tanda adanya bagian warna ungu kehitaman.
  2. Hasil pengamatan yang diperoleh yaitu daun yang tidak tertutupi aluminium foil, warna daunnya berubah menjadi ungu kehitaman. Hal ini disebabkan karena pada daun tersebut terdapat simpanan amilum.

B.  Saran
Diharapkan kepada praktikan untuk praktikum selanjutnya harus lebih teliti lagi dalam melakukan percobaan agar hasil yang diperoleh lebih akurat lagi.

DAFTAR PUSTAKA
Dwidjoseputro, D., 1994, Pengantar Fisiologi Tumbuhan, PT Gramedia, Jakarta.

Fressenden R. J., 1997,  Plant and Introduction to Modern Botany, Macmillan Publishing Co., Inc,  New York.

Hopkins, 1995, Biologi, ITB, Bandung.

Kimball, John. W., 1989, Biologi Jilid I Edisi kelima, Erlangga, Jakarta.

Lakitan, 2000, Fisiologi Tanaman, PT Bina Aksara, Jakarta.

Loveless, 1994, Study Guide to Accompany Botany, Chesther Bistane Toronto, Singapore

Salisburry,F. B. dan Ross W. C., 1992, Fisiologi Tumbuhan Jilid 2, ITB Press, Bandung.