Selasa, 18 Maret 2014

BEM FMIPA UNTAD GELAR MIPA FAIR

PALU – Dalam upaya untuk  merealisasikan program kerja tahunan BEM FMIPA UNTAD menggelar MIPA FAIR 2014, Senin (24/02). Kegiatan yang dibuka di Media Center UNTAD ini di gelar selama seminggu di lingkungan Fakultas MIPA dan lapangan TVRI SULTENG.

Kegiatan yang diadakan sebagai ajang perkenalan FMIPA UNTAD ke masyarakat sekaligus kompetisi bidang akademik dan ekstrakulikuler bagi siswa dan mahasiswa ini berbeda dari tahun – tahun sebelumnya, tahun ini MIPA FAIR lebih mendekatkan para siswa dan mahasiswa ke dunia akademik yang tentu saja dengan konten kegiatan yang juga diperbanyak dan secara kualitas ditingkatkan.

Kegiatan MIPA FAIR tahun ini bertujuan menyatukan visi dan presepsi mahasiswa FMIPA UNTAD tentang peran dan posisi fakultas mipa dalam upaya pendidikan kualitas pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan alam di Indonesia, mengembangkan dan menyebar luaskan ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan disiplin ilmu yang ada dengan dasar dan landasan matematika dan ilmu pengetahuan alam dan megupayakan meningkatkan taraf kehidupan masyarakat serta  menghargai budaya nasional dan menjadikan sarana bagi banyak pihak untuk menggugah kepedulian terhadap pendidikan ilmu pengetahuan dan teknologi.
”bagi sebagian orang awam, ilmu sains menjadi momok yang menakutkan anggapan ini sudah sangat melekat bahkan sudah sejak menginjak usia sekolah. Beragam rumus dan pembuktian menjadi fenomena tersendiri  dalam ilmu sains. Akan tetapi, bukan berarti bahwa ilmu sains tidak lekat dengan kehidupan kita sehari-hari, justru ilmu sains adalah ilmu dasar yang mana prinsip-prinsipnya banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari dan diterapkan oleh berbagai cabang ilmu lainnya” ujar Chris Indra Cahya selaku ketua panitia dalam pembukaan MIPA FAIR.

Kegiatan yang merupakan agenda tahunan dari Badan Eksekutif Mahasiswa FMIPA ini mengusung beberapa agenda kegiatan yaitu Seminar nasional, expo, festival seni, Latihan Karya Tulis Ilmiah, Pidato bahasa inggris, Blog contest, Bakti sosial, Lomba ceramah, Karigrafi dan poster islami yang mengundang antusias bukan hanya dari kalangan mahasiswa tetapi juga dari para pelajar.

Tujuan lain dari kegiatan MIPA FAIR tahun ini sebagaimana yang dipaparkan oleh Dekan Fakultas MIPA Drs Abudullah, M.T yaitu sebagai ajang memperkenalkan eksistensi fakultas MIPA yang keberadaanya baru menginjak usia ke tujuh tahun di Universitas Tadulako maupun di Provinsi Sulawesi Tengah.

Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada lembaga eksekutif mahasiswa dan lembaga kemahasiswaan FMIPA atas dilaksanakannya pameran yang terkait dengan ilmu pengetahuan alam yang dari kegiatan ini akan memberikan kemajuan dalam hal ilmu pengetahuan alam .

Dengan mengangkat tema umum “jadikan sains sebagai ideologi masa depan”,  diharapkan semakin mempertegas sains sebagai ilmu dasar yang wajib dijadikan ideologi bagi orang-orang yang khususnya bergelut dalam dunia sains.